Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gatal (lagi) dan Air Hangat

Duh...ceritanya gatel lagi...hi hi hi

Suatu malam ketiga lagi asik duduk disamping laptop sementara sedang asyik mengetik, tiba-tiba aku merasa ada sesuatu yang menempel di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiriku, aku merasa ada sesuatu yang menyengat ditempat itu. Spontan kugarauklah. Seekor serangga kecil, sangat kecil barangkali seukuran angka 1 arial, yang dibold, dengan view 100% pada Ms Word, tengah parkir disitu. Enak aja dia emang dikira parkiran gratis apa. Mana orang lagi asik pula. Saking kecilnya, tubuh serangga itu melesak kedalam kukuku yang sudah beberapa hari gak dirapiiin :).

Selesai membunuh serangga kecil itu, jari telunjuk tangan kananku masih saja asik menggaruk-garuk bekas sengatan serangga kecil tadi. Saking kecilnya si serangga itu, aku tidak peduli dengan bekas gigitannya. Yup, ditempat itu si serangga kecil tadi meninggalkan bekas gigitan yang kira-kira sebesar logo start windows-yang bulat di samping kiri layar bawah sana.. Bekas gigitannya gatal. Obatnya saat itu yang muncul dipikiranku adalah ya digaruk saja atau dipencet-pencet dengan kuku agar bisa yang ada di bekas garukan itu keluar (kali') serta saya juga mengoleskan minyak gosok.

Singkat cerita, bekas gigitan saya abaikan saja. Besok paginya setelah saya bangun, ukuran bekas gigitan serangga itu, kini sudah membesar dua atau tiga kali lipat. Saya masih sempat berfikir ah nanti juga akan hilang dengan sendiri. Jadi, saya oleskan lagi minyak tawon lalu berangkat kerja. Tapi ternyata setelah siang hari, bengkak di tangan saya itu makin besar. Setelah makan siang bengkaknya sudah sampai di pertengahan punggung tangan dan sudah melebar sampai di jari manis. Saya mulai khawatir.

Setelah makan siang saya segera ke apotik minta obat anti bengkak. Orang di apotik memberikan tiga macam obat. Yang pertama anti nyeri, yang kedua untuk anti bengkak dan yang ketika antibiotik. Saya pulang dan lanjutkan aktifitas kerja sambil terus garuk-garuk. Malam hari bengkaknya ga turun juga. Obat sudah masing-masing dua butis saya minum.  Kini bengkaknya sudah sampai di jari kelingking dan semua pungung tangan, masih gatal dan nyeri. Ternyata serangga yang super kecil itu mempunyai bisa yang sangat kuat.

Malam hari saya ketemu seorang teman. Dia menyarankan agar tangan saya di rendam dalam air hangat. Katanya rasa gatalnya akan hilang. Saya mempraktekkan saran itu. Air hangat saya taruh didalam wadah yang cukup besar, lalu tangan yang sakit saya masukkan. Pertamanya nyeri tapi saya tahan. Tangan serasa ada yang garukin. Setelah kira satu menit saya tahan, nyerinya hilang dan rasa gatalnya juga mulai berkurang. Saya rendam terus sampai air tidak terasa hangat lagi.

Kompres air hangat itu saya lanjutkan terus, kali ini airnya sudah setengah panas dan kedalam air panas itu saya tambahkan minyak gosok sampai terlihat selapis minyak diatas air panas itu. Ide menambahkan minyak gosok itu cuma feeling saja, biar saya gak bolak balik borehkan minyak gosok. Ketika tangan baru pertama dicelup rasanya nyeri sekali tapi begitu ditahan beberapa saat. Nyerinya berkurang dan rasa gatalnya akan hilang. Bengkaknya juga mulai turun. Besok harinya setelah bangun, bengkanya sudah berkurang 50%. Saya sudah kompres lagi mudah-mudahan nanti sudah baikan.

Pungung tangan kiri saya yang bengkak karena gigitan serangga (saya tdk tahu namanya) Bekas gigitannya ada berupa titik, diantara jari tengah  dengan jari telunjuk. Gambar ini diambil setelah bengkaknya sudah turun kira-kira 50%, yaitu setelah direndam air setengah panas.
Seperti biasa saya selalu bertanya pada mbah google. Percaya gak, ide air panas/hangat itu ada juga di postingan seseorang. Jadi ternata treatment airpanas ini ternyata emang efektif dan sudah menjadi pengalaman best praktis di dunia pegobatan gigitan serangga (halah...) Masalah minyak gosok saya kira juga sedikit membantu. Sebelumnya siang hari disekolah seorang teman juga menyarankan agar saya cuci air dingin. Tapi waktu saya cuci tangan sebelum makan, rasa gatal di tangan saya malah kumat. Jadi saya sarankan jika mengalami hal seperti ini, lebih baik cepat direndam air hangat/ agak panas. Oleskan juga minyak gosok untuk sebagai anti septik.

Hasil lain ang saya dapatkan dari konsultasi dengan mbah google adalah mengolesi bagian yang bengkak dengan salep Hydrocortizone. Kebetulan saya punya salap itu dari cerita gatal pertama saya. Salep Hydrocortizone itu saya juga oleskan malam hari setelah tangan saya bengkak besar.

Jadi kalau tergigit serangga sampai bengkak dan gatal, rendam air hangat/panas, atau kompres kalau gak bisa di rendam. Oleskan minyak gosok kalau tidak ada salep Hydrocortizone.

Tentang Hydrocortizone itu, mudah ditemukan di apotik dan menurut deskripsi google emang salah satu kegunaan salap ini adalah untuk mengobati reaksi kulit terhadap gigitan serangga.

Pelajaran lainnya adalah jangan mengabaikan gigitan serangga, walaupun serangga kecil. Seperti yang saya alami ini, binantangnya benar-benar lebih kecil dari semut merah, mungkin hanya seperdua atau sepertinganya tapi gigitannya. Alamak! dua hari, bengkaknya gak hilang.Tambahan lagi, bengkak gigitan serangga yang ini, makin digaruk makin membesar.

Ok. Sekian dulu cerita gatal kaliini, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang ketemu serangga usil.

Mudah-mudahan cerita baru nanti bukan lagi tentang gatel.... ;)

4 komentar untuk "Gatal (lagi) dan Air Hangat"

  1. kak tngnku ky gt juga, udh dksi mnyk gsok ttep aja. gmn ya?

    BalasHapus
  2. kak tngnku juga bngkak ky gt, udh dksi mnyk gsok ttep aja. gmn ya?

    BalasHapus
  3. Oya sy g' mau jadi dokter gadungan lo :) Cuma sekadar share penalaman saja. Habis sy sering bngt bengkak. Kalau digigit serangga untuk menurunkan bengkak biasa aku beli asam mefenamat di apotik, kayaknya ini obat harus pake resep, tapi kalau di t4ku bisa saja di beli tanpa resep. Kalau tradisionalnya rendam denan air hangat campur garam, nyerinya ilang pas direndam dan beberapa saat sesudahnya, besoknya balik lagi hi hi hi. Tapi kalau minum asam mefenamat (atau anti bengkak lainnya) biasanya esoknya langsung turun bengkaknya. Kalau ragu ke dokter ya! :) semoga leka sembuh
    ...sori komen pertama hilang G nya, somehow keyboardku fail di g seballl

    BalasHapus