Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogku yang baru: Belajar membaca, belajar menulis

Kubuat lagi sebuah blog baru ini,setelah yang lama, sudah lama sekali kutinggalkan.
Blog lama itu sudah dari tahun 2007 tetapi hanya ada 3 entry didalamnya :(
Banyak penyebab mengapa blog itu jadi gersang sedemikian.
Kadang saya beralasan bahwa tidak ada waktu, terlalu sibuk, banyak pekerjaan lain, dst. Ya semuanya itu benar, tapi yang paling benar adalah tidak ada ide, tidak ada bahan, tidak ada inspirasi... diperparah lagi dengan kemalasanku membaca.

Sejujurnya membaca blog orang yang penuh dengan cerita membuatku pengen juga bisa berbagi cerita lewat tulisan. Pengen juga bisa nulis. Tapi kadang2 saya hanya semngat di awal lalu pupus diperjalanan kemudian hilang asap entah kemana...

Kubuat lagi blog baru ini, semoga dari sini aku mau belajar, mau meluangkan waktu menulis apa yang aku rasaka dan apa yang aku pernah baca. Karena sejujurnya aku setuju bahwa menulis itu sama dengan membaca dua kali (ini istilah pinjaman, seseorang telah menulisnya dalam milis yang saya ikuti. Menulis adalah membaca dua kali, karena dengan menuliskan apa yang kita baca kita berlatih mengungkapkan apa yang kita tangkap dari bacaan yang kita baru saja baca. Dengan demikian kita bisa mengevaluasi diri seberapa banyak yang kita mengerti, apakah kita sudah benar-benar menangkap pesan utama dari bacaan itu.

Jika kita mampu menjawab pertanyaan ini, maka kita telah memberikan feedback yang sangat berguna untuk diri kita. Kegunaan yang pertama adalah, kita makin memperkuat memory kita akan pengetahuan yang baru kita baca. Dengan menceritakan kembali apa yang kita baca kita akan makin mengerti, mampu melihat keterkaitan logika dalam ide tersebut dan hasilnya kita bisa mengingatnya dengan mudah. Keuntungan yang kedua adalah kita bisa melihat seberapa besar kita mengerti ide yang ada dalam bacaan yang kita baca. Jika kita merasa belum puas dengan apa yang kita baca, maka kita bisa kembali kebacaan kita tadi. Atau jika kita merasa ragu apakah kita sudah sungguh-sungguh menangkap pesan dari bacaan tadi kita bisa cek ulang lagi dan meyakinkan diri kita bahwa kita sungguh sudah mendapatkan inti pesannya.

Kubuat lagi blog ini, semoga dari sekarang aku mau rajin membaca, dan rajin menulis sesederhana apapun isinya... sesederhana apapun aku mau belajar membaca dan belajar menulis.

Posting Komentar untuk "Blogku yang baru: Belajar membaca, belajar menulis"