Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diseminasi Inovasi Pembelajaran dengan Teknologi di SMPN 4 Majene: Sebuah Cerita




Pada hari Senin, 23 Oktober 2023, kami, tiga sahabat teknologi, yaitu Benyamin Bode Rumimbo, S.Pd. M.A., Hasniati S.Pd., M.Pd., dan Agustina, S.Pd., Gr., M.Pd., berkesempatan untuk melakukan diseminasi inovasi pembelajaran dengan teknologi di SMPN 4 Majene. Diseminasi ini kami lakukan pada siang hari seteah pada pagi harinya kami berkunjung ke SDN N0 60 Lembang. 

Kegiatan diseminasi ini berlangsung dengan lancar, bahkan ketika terjadi pemadaman listrik di tengah-tengah kegiatan. Kami pun harus beradaptasi dengan situasi tersebut dan mengubah rencana diseminasi. Kami memutuskan untuk melakukan diseminasi secara lisan, tanpa menggunakan proyektor.

Meskipun tanpa menggunakan proyektor, peserta diseminasi tetap antusias mengikuti materi. Dalam diseminasi ini kami menyampaikan tiga inovasi pembelajaran yang juga telah kami sampaikan di SDN no 60 lembang, yaitu:

Penilaian dengan wordwall
Pembelajaran dengan lab virtual
Evaluasi dengan quizizz

Diakhir pemaparan materi kami melanjutkan diskusi dengan guru-guru yang dari dalamnya lkami sepakat bahwa inovasi pembelajaran dengan teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif.


Cerita di balik layar

Kegiatan diseminasi ini sebenarnya sudah kami persiapkan dengan baik. Kami telah mempersiapkan materi dan bahan presentasi untuk digunakan. Namun, karena situasi kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah indonesia yang berujung pada berkurangnya debit air untuk menghasilkan tenaga listrik maka terjadilah pemadaman bergilir listrik oleh PLN.

Kamipun harus menyampaikan materi tanpa memakai proyektor dan kami berusaha menyampaikan materi tetap menarik dan informatif, meskipun tanpa menggunakan media visual. Alhamdulillah, para guru tetap antusias mengikuti materi yang kami sampaikan. Dan bahkan melanjutkan dengan sedikit diskusi diakhir sesi diseminasi. Dari diskusi singkat ini kami sepakat bahwa inovasi pembelajaran dengan teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif.

Kamipun bersyukur bahwa pemadaman listrik tersebut tidak menjadi halangan bagi kami untuk menyampaikan materi diseminasi. Kami berharap kegiatan diseminasi ini dapat memberikan manfaat bagi para guru di SMPN 4 Majene.

8 komentar untuk " Diseminasi Inovasi Pembelajaran dengan Teknologi di SMPN 4 Majene: Sebuah Cerita"

  1. Luar biasa, sangat menginspirasi dan sangat bermanfaat untuk para guru di era tehnologi ini

    BalasHapus
  2. Luar biasa, sangat menginspirasi semangat berbagi untuk para guru hebat

    BalasHapus
  3. Luar biasa. Semoga ilmu yg telah dibagikan kpd rekan guru lainnya bisa bermanfaat demi generasi muda kita. Salam bahagia 😁

    BalasHapus
  4. Mantap, semoga selalu berbagi

    BalasHapus