Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumpa lagi stetelah bertahun

Aku tidak tau. Sepertinya ini kalimat pembuka yang tidak baik, pesimis, dan tidak menjanjikan apa-apa. Tapi begitulah. Itulah kalimat pertama yang menjadi jawaban atas pertanyaan ku sendiri: "mengapa sampai hari ini aku belum juga bisa menumbuhkan kecintaan yang mendalam pada kegiatan membaca dan menulis?". Well, mungkin aku terlalu keras juga pada diri sendiri (belum apa-apa sudah cari justifikasi) [ ah ini bukan paragraf yang bagus ... ga tau aku bilang apa disini. ... nanti diedit lagi :) ... okey semangat]

Harus aku akui bahwa salah satu pelajaran penting yang  harus kupelajari adalah  bagaimana cara mengorganisir pendapatku dan selanjutnya, lebih khusus lagi, mengoragnisir pendapat secara tertulis. Sebagai contoh, lihatlah pragrafku diatas. Sebenarnya yang ingin ku kemukakan adalah : pertama, aku tidak tau mengapa semangatku untuk membaca dan menulis tidak bisa kupertahankan. Kadang-kadang semangat itu bisa datang pada suatu hari lalu pergi pada hari-hari berikutnya. Lebih parahnya lagi, semangat ini  datangnya dapat digambarkan seperti "sekali mengudara setahun menghilang" (Well, aku menertawakan diri sendiri.. mode on). Kedua, ketika aku mau menulis suatu topik, sangat mudah bagiku untuk ter"interferenesi" [whatever] dengan topik lain. Ya itu dia, aku tidak fokus pada satu topik. Hal ketiga adalah, kadang-kadang supporting sentence-ku dan topic sentence-ku tidak sejalan. Ya sepertinya memang masalah besarnya adalah "content organization". Setidak-tidaknya itu adalah masalah pertama.

Selanjutnya Masalah yang kedua yang harus kuatasi, jika aku ingin menulis adalah tentu saja aku harus mempunyai referensi. Jadi ya, harus membaca. Tapi itu dia. Masalahnya sama dengan masalah pertama, susah fokus. Contoh, aku belum selesai baca satu buku, bukunya kutinggal lagi dan beralih ke buku lain. Dan parahnya lagi, buku-buku itu hanya terbaca beberapa halaman. Selanjutnya lagi, aku lebih tertarik baca novel daripada membaca tulisan akademik. Jadi gimana mau ada referensi? lah buku-buku yang habis kubaca itu adalah buku Harry Potter seri 1 sampai 7 (tuntas tas), buku tetra logi laskar pelangi, trilogi the soul keeper series punyanya GP Ching dsb dsb... semuanya novel. Sebenarnya buku-buku akademik sudah banyak bahkan puluhan mungkin sudah mencapai angka ratusan sudah terkoleksi tapi iiii, ah itu dia aku belum begitu serius membacanya kali ya? Bukannya aku belum baca sama sekali, hanya caranya kali yang salah. Okay, jadi kesimpulannya adalah referensinya harus diperbanyak dan mungkin aku harus belajar menggunakan referensi dengan efektif. Baca dan tulis. Nah itu dia, sepertinya ini ide yang bagus. Well, mudah-udahan ga hanya sekedar ide. Wish me luck!

Ah sudah dulu. ini hari pertama aku berkunjung ke blog yang kubuat bebrapa tahun lalu.

I really do need some support

Posting Komentar untuk "Jumpa lagi stetelah bertahun"