Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arah Medan Magnet pada Kumparan

Jika kita memiliki kabel yang sangat panjang kemudian kabel tersebut dililitkan dengan rapi pada sebuah seliinder, maka kabel tersebut akan membentuk sebuah susunan kawat yang melingkar. Susunan kawat yang melingkar ini disebut dengan kumparan. Kumparan memiliki nama lain seperti lilitan, solenoida atau induktor.


Kumparan dapat menghasilkan medan magnet jika kumparan tersebut dialiri arus listrik. Medan magnet ini berupa lingkaran-lingkaran yang mengelilingi kumparan.

Arah medan magnet pada kumparan dapat ditentukan dengan menggunakan kaidah tangan kanan. Kaidah tangan kanan untuk menentukan arah medan magnet pada kumparan yaitu:

Kepalkan empat jari tangan tangan kanan dengan ibu jari tegak lurus membentuk tanda jempol seperti pada gambar.

Arah medan magnet pada kumparan ditentukan dengan cara ibu jari menunjukkan arah utara atau arah medan magnet jika arah genggaman 4 jari lainnya searah dengan arah arus.

Gunakanlah beberapa gambar berikut ini untuk membantu anda memahamai aturan tangan kanan untuk mengambarkan arah medan magnet pada kumparan. 






 

Secara singkat aturan tangan kanan untuk menentukan arah medan magnet pada kumparan adalah: Jika anda mengarahkan genggaman 4 jari tangan kanan anda searah dengan arah arus pada kumparan maka arah ibu jari adalah arah kutub utara. 

Sebagai pembanding perhatikan arah medan magnet pada magnet batang berikut ini: Menurut kalian apakah ada perbedaan arah medan magnet pada magnet batang dengan arah medan magnet pada kumparan? 




Simpulkanlah apa yang terjadi ketika sebuah kumparan atau lilitan  dilairi arus listrik.

Posting Komentar untuk "Arah Medan Magnet pada Kumparan"