Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kick Off Webinar Series Pembatik Level 4 Sulawesi Barat


    Kick Off Webinar Series Pembatik Level 4 Sulawesi Barat sukses digelar pada tanggal 19 Oktober 2023 Pukul 19.30 wita. Pembatik Level 4 secara nasional mengusung tema: Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar. Bertindak sebagai HOST adalah Duta Teknologi Sulawesi Barat tahun 2018, M.Ilham, S.Pd., M.Pd. yang saat ini menjabat sebagai Kepala SMAN 3 Majene dan sebagai moderato adalah Ibu Endang Suparti Ningsih Sahabat Teknologi Sulawesi Barat Tahun 2023 dari UPTD SD Inpres Barakkang.


Pada Webinar Seri 1 Sulawesi barat ini menghadirkan tiga narasumber yang kesemuanya berasal dari UPTD SMAN 2 Majene.

    Narasumber pertama, Agustina S.Pd., M.Pd., membahas tentang pembelajaran kontekstual matematika dengan Excel. Narasumber kedua, Hasniati SPd., M.Pd., membahas tentang belajar dengan DILAN. Narasumber ketiga, Benyamin Bode Rumimbo S.Pd., M.A., membahas tentang asesmen berbasis teknologi untuk merancang pembelajaran berpihak pada murid. 


    Dalam paparan materinya, para narasumber berbagi tentang upaya yang telah mereka lakukan dalam menggunakan platform teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Narasumber pertama berbagi tentang upaya yang dilakukannya dalam pembelajaran matematika untuk menghadirkan pembelajaran bermakna dengan menggunakan aplikasi Excel dan kreasi e-LKPD. Narasumber kedua berbagi tentang bagaimana pemanfaatan berbagai aplikasi seperti Quiziz dan Jamboard untuk mendukung proses inquiry pada pembelajaran kimia. Sementara itu, narasumber ketiga berbagi tentang penggunaan Crosswords, Lab-Virtual, dan Quiziz untuk mendukung pelaksanaan asesmen pembelajaran.

    Kegiatan webinar ini turut dihadiri oleh Pengawas SMA Provinsi Sulawesi Barat, Hj. Roswati, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Ibu Pengawas menyampaikan apresiasi yang besar kepada para narasumber dan peserta webinar. Beliau juga berpesan agar para guru terus berinovasi dalam pembelajaran, serta selalu mengupgrade ilmu dan keterampilan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti Pembatik yang memang didesain secara khusus oleh Kementerian Pendidikan untuk meningkatkan kompetensi TIK guru-guru Indonesia.

    Webinar Pembatik Level 4 Sulawesi Barat Series 1 ini masih akan dilaksanakan dalam
6 seri lagi dari tanggal 19 sampai tanggal 24 Oktober 2023. Mari hadiri webinar series Pembatik Level 4 selanjutnya untuk mendapatkan informasi inovasi-inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang dilaksanakan para sahabat teknologi Sulawesi Barat tahun 2023. Link pendaftaran webinar dapat diakses di Platform Merdeka Mengajar dengan login ke akun belajar masing-masing pendidik. 


Salam Teknologi, Salam Merdeka Belajar!


4 komentar untuk "Kick Off Webinar Series Pembatik Level 4 Sulawesi Barat"