Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

This is CS50: Kesempatan Berharga untuk Guru Indonesia



Oleh: benyamin Bode Rumimbo, S.Pd., M.A. Guru Fisika di SMAN 2 Majene

Terima kasih atas kesempatan berharga ini,

Saya merasa sangat bersyukur telah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kursus CS50X. Kursus ini merupakan program beasiswa micro credential yang diselenggarakan oleh LPDP- Kemendikbudristek. dan Harvard University  

Saya sangat excited dan bangga bisa mengikuti kursus ini karena Harvard University adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Kursus ini mengajarkan dasar-dasar pemrograman kepada pemula, mulai dari sintaks bahasa pemrograman hingga konsep-konsep pemrograman tingkat lanjut.

Fasilitas yang generous

Fasilitas yang diberikan untuk mahasiswa micro credential sangat generous. Kita diberikan 12 session per minggu yang bisa kita pilih mau ikut session mana saja sesuai ketersediaan waktu. 12 session per minggu itu juga membahas materi yang sama jadi sangat fleksibel. 

Selain itu, setiap Teacher Fellow yang menghost masing-masing session mengajar dengan gaya dan bumbu yang berbeda. Jadi, ikut semua session tidak akan membosankan. Selain 12 session juga tersedia 12 Office Hour yang dapat digunakan mahasiswa untuk berkonsultasi dengan Teacher Fellow.

Harapan saya

Saya berharap bisa lulus kursus ini dengan baik. Requirement dan tugas-tugasnya cukup berat, tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin.

Saya juga berharap bisa menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan dari kursus ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di kelas-kelas yang saya ajar. Pengennya sih, saya bisa menggunakan pemrograman untuk membuat simulasi fisika yang menarik dan interaktif. Atau at least membuat aplikasi android sederhana yang mungkin berguna untuk tugas sehari-hari. 

CS50X adalah kursus pemrograman online yang sangat bagus untuk siapa saja yang ingin belajar pemrograman. Kursus ini diajarkan dengan cara yang jelas dan komprehensif, dan mahasiswa akan belajar banyak hal tentang pemrograman.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan berharga ini. Saya yakin, kursus ini akan memberikan dampak positif bagi saya dan harapnnya juga bagi siswa-siswi saya.

This is CS50

Kalimat ini selalu diucapkan oleh Prof. David Malan, dosen yang mengajar kursus CS50X. Kalimat ini menggambarkan semangat dan antusiasme Prof. Malan dalam mengajar.

Saya berharap, kalimat ini juga bisa menjadi semangat bagi saya dan teman-teman mahasiswa CS50x tahun 2023 lainnya untuk menyelesaikan kursus ini dengan baik.

Bagi rekan-rekan pendidik yang ingin mencoba melamar beasiswa Mikro kredensial CS50x tahun depan silahkan tunggu pembukaan pendaftaran baru di laman beasiswa mikro kredensial guru LPDP https://gtk.kemdikbud.go.id/lpdpgtk

Semoga bermanfaat! 


#thisiscsfifty

8 komentar untuk " This is CS50: Kesempatan Berharga untuk Guru Indonesia"

  1. Sukses selalu bapak, semoga dilancarkan semuanya

    BalasHapus
  2. Mantap sekali Pak Ben, senang bisa kenal dengan anda dan satu grup di cs50....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu Montes. Nice to meet you too. Sukses dengan tugas2nya ganbatte 💪💪💪

      Hapus
  3. Sukse selalu bapak, mengenal orang yang benar2 karya nya luar biasa dan bisa bersama satu grup di CS50.....InsyaAllah berkah apa yang bapak kerjakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for the support. Amin InsyaAllah berkah 🙏🙏🙏

      Hapus
  4. Semoga kita semua di cs50x bisa lulus semua pak, bisa bertemu di Jakarta nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Semoga semua sehat selalu mengikuti kuliah dan lulus dengan baik. Amin

      Hapus